Mengapa Human Capital Management System Alignment? 

Web-Banner-370x400_DHC-1

Setiap organisasi ingin berhasil dan memiliki kinerja yang superior, berkelanjutan dan memiliki pelanggan yang sangat loyal dengan produk dan jasa yang dihasilkan perusahaan dan dapat memberikan kontribusi yang spesifik bagi komunitas dilingkungan usahanya. Hal ini akan dapat dicapai jika organisasi memiliki karyawan yang memiliki tingkat keterlibatan tinggi. 

Oleh sebab itu, organisasi perlu memiliki pemimpin-pemimpin yang prima pada setiap level, yang dapat memotivasi, menginspirasi dan menggerakkan seluruh karyawan agar dapat menjadi individu yang efektif.

Organisasi yang memiliki karyawan yang efektif dan pimpinan yang prima umumnya, adalah organisasi yang memiliki sistem pengelolaan human capital yang terintegrasi.  Sistem pengelolaan human capital yang terintegrasi akan memberikan pemahaman yang baik kepada para pimpinan dan karyawan tentang arah strategis organisasi, peranan pengelolaan human capital dalam mendukung  keberhasilan organisasi, dan peranan masing-masing sub-sistem pengelolaan human capital yang dapat memotivasi karyawan untuk berkontribusi secara maksimal dalam mencapai target kinerja individu maupun organisasi.  

Oleh sebab itu, Dunamis Human Capital Management System Alignment memfokuskan solusi dalam membantu organisasi agar memiliki sistem pengelolaan human capital yang terintegrasi. 

Dunamis Human Capital Management System Alignment terbagi dalam 2 (dua) bagian besar yaitu  Human Capital Management System (Strategic Human Capital & Human Capital Process) dan Human Capital Information System

Secara umum,  Dunamis Human Capital Management System Alignment meliputi seluruh aspek pengelolaan human capital, dimulai dari pengelolaan organisasi dan pekerjaan (organization management & disticnt job profile), rekrutmen & seleksi (recruitment & selection), perencanaan & pengembangan (human capital planning & development), pengelolaan kompetensi dan kinerja (competency & performance management), karir dan pengelolaan talent (career & talent management), pengelolaan pembelajaran (learning management) dan penghargaan (reward management).

Kekuatan produk Dunamis Human Capital Management System Alignment adalah kemampuan untuk mengintegrasikan keseluruhan sub sitem pengelolaan human capital sehingga mampu memaksimalkan kontribusi karyawan dalam mendukung keberhasilan perusahaan.

Human Capital Management System –  Strategic Human Capital

Memberikan gambaran tentang batasan tugas, tanggungjawab, dan kewenangan serta ukuran keberhasilan

Desain Organisasi (Organization Design)

Memberikan gambaran tentang batasan tugas, tanggungjawab, dan kewenangan serta ukuran keberhasilan
Memberikan gambaran terkait proses kerja dan interaksi yang terjadi diantara karyawan sesuai dengan lingkup tugas masing-masing

People Portfolio

Memberikan gambaran terkait proses kerja dan interaksi yang terjadi diantara karyawan sesuai dengan lingkup tugas masing-masing
Membantu karyawan mendapatkan informasi yang relevan terkait dengan tugas yang diemban, dan memudahkan atasan dalam mengelola pekerjaan anggota timnya

Uraian Jabatan (Distinct Job Profile)

Membantu karyawan mendapatkan informasi yang relevan terkait dengan tugas yang diemban, dan memudahkan atasan dalam mengelola pekerjaan anggota timnya
Memberikan gambaran karakteristik dari setiap karyawan yang diperlukan sesuai dengan tuntutan pekerjaannya

Pengelolaan Kompetensi (Competency Management)

Memberikan gambaran karakteristik dari setiap karyawan yang diperlukan sesuai dengan tuntutan pekerjaannya
Menyusun perencanaan pengembangan sistem pengelolaan human capital  dengan menggunakan pendekatan yang sistematis dan strategis

Perencanaan Human Capital (Human Capital Plan)

Menyusun perencanaan pengembangan sistem pengelolaan human capital dengan menggunakan pendekatan yang sistematis dan strategis
Memberikan landasan prinsip-prinsip perilaku dalam menjalankan kegiatan perusahaan yang dilandasi oleh nilai-nilai yang diyakini sangat penting mendukung keberhasilan perusahaan dalam jangka panjang

Pengelolaan Budaya (Culture Management)

Memberikan landasan prinsip-prinsip perilaku dalam menjalankan kegiatan perusahaan yang dilandasi oleh nilai-nilai yang diyakini sangat penting mendukung keberhasilan perusahaan dalam jangka panjang

Human Capital Management System –  Human Capital Process

Mendapatkan karyawan yang memiliki kapabilitas yang dibutuhkan, dengan kualifikasi yang tepat, pada waktu yang tepat, dengan biaya yang efektif dengan penugasan yang tepat

Rekrutmen, Seleksi & Penempatan (Recruitment, Selection & Placement)

Mendapatkan karyawan yang memiliki kapabilitas yang dibutuhkan, dengan kualifikasi yang tepat, pada waktu yang tepat, dengan biaya yang efektif dengan penugasan yang tepat
Menjamin kemampuan karyawan dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab secara efektif dengan membantu karyawan mengembangkan kompetensi sesuai dengan kebutuhan perusahaan

Pengelolaan Pembelajaran (Learning Management)

Menjamin kemampuan karyawan dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab secara efektif dengan membantu karyawan mengembangkan kompetensi sesuai dengan kebutuhan perusahaan
Memastikan tingkat keterlibatan dan kontribusi karyawan terhadap keberhasilan pencapaian kinerja perusahaan dan peningkatan kompetensi dari karyawan

Pengelolaan Kinerja (Performance Management)

Memastikan tingkat keterlibatan dan kontribusi karyawan terhadap keberhasilan pencapaian kinerja perusahaan dan peningkatan kompetensi dari karyawan
Mengelola keunggulan bersaing perusahaan dengan cara mempersiapkan karyawan untuk mengerjakan penugasan-penugasan di masa depan serta menghargai perkembangan kompetensi dan pencapaian kinerja dari waktu ke waktu

Pengelolaan Karir & Talenta (Careeer & Talent Management)

Mengelola keunggulan bersaing perusahaan dengan cara mempersiapkan karyawan untuk mengerjakan penugasan-penugasan di masa depan serta menghargai perkembangan kompetensi dan pencapaian kinerja dari waktu ke waktu
Merumuskan dan menerapkan sistem penghargaan yang berkeadilan, setara, dan konsisten serta sejalan dengan nilai dari setiap karyawan

Pengelolaan Remunerasi (Reward Management)

Merumuskan dan menerapkan sistem penghargaan yang berkeadilan, setara, dan konsisten serta sejalan dengan nilai dari setiap karyawan
Mengelola proses pemutusan hubungan kerja yang dapat dipertanggungjawabkan secara legal maupun finansial. Meningkatkan produktivitas karyawan, dengan memperhatikan dan memenuhi kebutuhan,  namun tetap memperhatikan kemampuan perusahaan, membangun hubungan saling menguntungkan

Pensiun (Pension) & Hubungan Industri (Industrial Relation)

Mengelola proses pemutusan hubungan kerja yang dapat dipertanggungjawabkan secara legal maupun finansial. Meningkatkan produktivitas karyawan, dengan memperhatikan dan memenuhi kebutuhan, namun tetap memperhatikan kemampuan perusahaan, membangun hubungan saling menguntungkan

ABOUT DUNAMIS

Founded in 1991, Dunamis Organization Services is an Indonesian professional services firm with a mission to “enable greatness in people and organizations everywhere”

JOIN OUR NEWS LETTER