PENGELOLAAN KARIR & TALENTA (CAREER & TALENT MANAGEMENT)
Pengelolaan Karir & Talenta bertujuan mengelola keunggulan bersaing perusahaan dengan cara mempersiapkan karyawan untuk mengerjakan penugasan-penugasan di masa depan serta menghargai perkembangan kompetensi dan pencapaian kinerja dari waktu ke waktu melalui proses identifikasi nilai setiap karyawan (talent map), perencanaan, pelaksanaan dan pengembangan serta evaluasi karir karyawan terutama para talenta perusahaan.
Isu Penting Pengelolaan Karir:
- Sejak Masuk Perusahaan vs Pada Level tertentu
- Tanggung jawab HC vs Tanggung jawab Bersama (Karyawan, Atasan/Manager Lini, HC)
- Kebutuhan Karyawan vs Kebutuhan Perusahaan
- Sesuai minat karyawan vs sesuai kompetensi karyawan
- Bebas vs mengikuti pola tertentu
- Konsep Karir
Isu Penting Pengelolaan Talenta:
- Jabatan Kritikal vs Semua jabatan
- Tanggung jawab Fungsi HC vs Tanggung jawab Fungsi Leader
- Kinerja saat ini vs Kinerja yang akan datang
- Leadership vs Managerial
- Kinerja vs Perilaku
- Pendidikan vs Potensi
- Kontribusi yang unik vs Total Kontribusi
- Proses Talenta
“Treat a man as he is and he will remain as he is. Treat a man as he can and should be and he will become as he can and should be.”
-STEPHEN R. COVEY
Hasil Akhir Pengelolaan Karir dan Talenta
- Merancang / Mereview pengelolaan karir
-
Kebijakan pengelolaan karir yang melingkupi :
- Filosofi karir
- Dasar Acuan Karir
- Konsep Karir >> 4 element karir (karir map, job family, career path (implementasinya perlu hc+), career pattern)
- Succession planning
- SOP (prosedur, working instruction, formulir) pengelolaan karir
2. Merancang / Mereview pengelolaan talenta
-
Kebijakan pengelolaan talenta yang melingkupi :
- Filosofi talenta – siapa yg disebut talent
- Dasar pemilihan talenta
- Pengelolaan talenta (mulai dari acquiring, development, retention)
- Talent map (implement perlu aplikasi)
-
SOP (prosedur, working instruction, formulir) pengelolaan talenta

CONTACT US
OUR RELATED SOLUTIONS

The 7 Habits for Managers
Equips team leaders to effectively lead a team of people by first focusing on who a manager IS, then whata manager DOES.

The 7 Habits Leader Implementation
Designed to help leaders create a high-performance team

The 6 Critical Practices
This solution equips first-level leaders with the essential skills and tools to get work done with and through other people.

Influencer
Teaches a powerful and portable model for executing behavior change within small teams and across entire organizations.