4 Peran Pemimpin Hebat Dalam Menghadapi Dampak Pandemik Terhadap Sekolah
13 Agustus 2020 | 13.00 – 15.00 | Free of Charge
- Andiral Purnomo – Education Advisor FranklinCovey Indonesia
- Nina Yuliana – Practice Coordinator FranklinCovey Education Indonesia
Peserta Webinar: Ketua Yayasan, Pengurus Yayasan, Kepala Sekolah
“Merdeka belajar adalah kemerdekaan berpikir. Dan terutama esensi kemerdekaan berpikir ini harus ada di guru terlebih dulu. Tanpa terjadi di guru, tidak mungkin bisa terjadi di murid”. – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim
Guru menjadi kunci utama dalam pengembangan siswa karena mereka yang akan menjadi ujung tombak yang memberantas ketidaktahuan dari siswa. Semua berawal dan berakhir dari guru. Keberhasilan siswa berawal dari guru. Oleh karenanya guru perlu dibekali kemampuan dan keterampilan untuk dapat merdeka dalam berpikir dan mendidik siswa untuk dapat memimpin kemerdekaan belajar mereka masing-masing.
4 Peran Pemimpin Hebat akan membantu pemimpin sekolah untuk memberdayakan guru dengan cara:
- Modeling: Menjadi pemimpin yang memiliki kredibilitas yang tinggi karena karakter dan kompetensinya sehingga orang lain memilih untuk mengikutinya
- Pathfinding: Secara jelas dapat mendefinisikan kemana sebuah tim akan pergi dan bagaimana cara untuk mencapainya
- Aligning: Menjabarkan sebuah visi atau misi agar dapat mencapai hal tersebut dengan cara yang terbaik.
- Empowering: Membangkitkan kemampuan setiap individu dalam tim untuk dapat secara mandiri meningkatkan performa, memecahkan permasalahan dan meningkatkan karir mereka