Dunamis Logo
home > knowledge-center > press release > YUSLAM FAUZI, AGUNG ADIPRASETYO DAN HASNUL SUHAIMI - CEO TERBAIK 2010 HASIL SURVEI THE BEST CEO DUNAMIS, SYNOVATE DAN MAJALAH SWA

YUSLAM FAUZI, AGUNG ADIPRASETYO DAN HASNUL SUHAIMI - CEO TERBAIK 2010 HASIL SURVEI THE BEST CEO DUNAMIS, SYNOVATE DAN MAJALAH SWA

Friday, 5 November 2010

 

article photo

Oleh : Asri L Suryajaya, Corporate Communications Dunamis Organization Services


Jakarta, 5 November 2010 - "Leaders see the way, Leaders see connections, Leaders see others, Leaders see within - Indonesia membutuhkan pemimpin yang mampu melihat apa yang dibutuhkan para stakeholders dan memberikan jawabannya; mampu menyelaraskan berbagai sistem dalam rangka mencapai tujuan bersama; mampu memberdayakan karena hanya dengan bersama kita akan mampu meraih cita-cita, dan mau mengembangkan diri dengan introspeksi," demikian diungkapkan oleh Satyo Fatwan, Managing Partner Dunamis Organization Services dalam malam penganugerahan The Best CEO 2010 yang diselenggarakan tadi malam, 4 November 2010 bertempat di hotel Shangri La Jakarta.

Setiap tahunnya, Dunamis bekerjasama dengan Majalah Swa dan Synovate Indonesia memilih CEO Terbaik Indonesia dalam program The Best CEO. Pada survei yang dilaksanakan tahun 2010 ini, terpilih 26 kandidat dari berbagai perusahaan. Parameter yang digunakan adalah Fungsi Kepemimpinan dan Indeks Loyalitas Karyawan. Untuk Fungsi Kepemimpinan, metode yang digunakan adalah program Dunamis - 4 Roles of Leadership yang menilai para CEO dari 4 fungsi kepemimpinan yaitu : Perintis, Penyelaras, Pemberdaya dan Panutan.

Pada fungsi Perintis (Pathfinder) melihat bahwa CEO harus tahu kemana harus menuju dan dapat menuntun dalam perjalanannya. Sebagai pemimpin, ia berhasil membawa teamnya ke tempat yang dituju meski mereka pada awalnya menolak.

Fungsi Penyelaras (Alignment) melihat CEO haruslah mampu membuat sistem kerja yang baik sehingga perusahaan dapat berjalan ke arah yang benar sesuai tujuan yang hendak dicapai.

Fungsi Pemberdaya (Empower) memperlihatkan fungsi CEO yang harus mampu mendorong semua orang terlibat dalam perusahaan dengan sepenuh hati. Bekerja tidak hanya karena kewajiban namun bersedia memberikan yang terbaik tanpa paksaan siapapun.

Fungsi Panutan (Role Model) melihat bahwa CEO haruslah dapat dipercaya untuk diikuti.

Yang menarik, pada pemilihan The Best CEO 2010 ini ditambahkan 2 indikator untuk menilai para CEO yaitu Kepercayaan dan Eksekusi. Kedua indikator ini ditambahkan untuk semakin mempertegas fungsi kepemimpinan sekaligus untuk melihat bagaimana kepercayaan dan eksekusi mempengaruhi fungsi kepemimpinan para CEO. Hal ini didasarkan pada hasil studi FranklinCovey dimana apabila Kepercayaan naik maka Speed akan naik serta Cost perusahaan-pun mengalami penurunan. Sementara dari indikator eksekusi, para CEO dinilai bagaimana mereka mendefinisikan tujuan-tujuan yang sangat penting (wildly important goals) serta bagaimana mengukur setiap upaya yang dilakukan untuk mencapai tujuan tersebut.

Selama 7 tahun penyelenggaraan The Best CEO, temuan menarik yang juga didapatkan dari survei ini adalah bila Fungsi Kepemimpinan naik maka Indeks Loyalitas Karyawan juga naik. Begitupun sebaliknya, bila Fungsi Kepemimpinan turun maka Indeks Loyalitas Karyawan juga mengalami penurunan. Hal ini secara tidak langsung menunjukkan bahwa penilaian yang dilakukan dalam mencari CEO terbaik dengan penilaian dari fungsi kepemimpinan dan indeks loyalitas karyawan telah berada di jalur yang tepat dan dapat dipertanggungjawabkan.

Hasil lengkap 10 besar The Best CEO 2010 adalah sebagai berikut:

1. Yuslam Fauzi - Bank Syariah Mandiri
2. Agung Adiprasetyo - Kompas Gramedia
3. Hasnul Suhaimi - XL Axiata
4. Suhartono - FIF
5. Drs. Eko Budiwiyono, MBA - Asuransi Jasindo
6. Wishnutama - Trans TV
7. Joko Mogoginta - Tiga Pilar Sejahtera Food
8. Rinaldi Firmansyah, CFA - Telekomunikasi Indonesia
9. Richard Budihadianto - GMF Aeroasia
10. Rudi Borgenheimer - Mercedes-Benz Indonesia

------oOOo------

Untuk informasi lebih lanjut mengenai The Best CEO 2010, silakan hubungi:
Asri L Suryajaya
Corporate Communications
Dunamis Organization Services
Jl Bendungan Jatiluhur no. 56 Jakarta
T: 572 0761
Hp: 0812 814 6051
E: asri@dunamis.co.id