Dunamis Logo
home > knowledge-center > press release > MENCIPTAKAN LINGKUNGAN BERBUDAYA INOVASI

MENCIPTAKAN LINGKUNGAN BERBUDAYA INOVASI

Thursday, 21 February 2013

 

article photo

Oleh : Asri Larasati, Corporate Communication


Pers Release - dapat segera diterbitkan

Jakarta, 20 Februari 2013 - Untuk mewujudkan cita-cita menjadikan Indonesia sebagai knowledge nation, Dunamis Consulting tak henti-hentinya mempromosikan aktivitas knowledge management di Indonesia. Salah satunya dilakukan melalui digelarnya studi tahunan Indonesian Most Admired Knowledge Enterprise (MAKE) Study. Studi yang telah dilaksanakan sejak tahun 2005 ini dilakukan untuk mengidentifikasi knowledge-based organization di Indonesia dan memberikan apresiasi atas upaya mereka dalam mengembangkan knowledge management di organisasinya.

Di tahun ke-sembilan pelaksanaanya di Indonesia, tahap awal 2013 Indonesian MAKE Study kembali diawali dengan tahap nominasi yang akan dilaksanakan pada Kamis, 14 Maret 2013 mendatang. Tema yang diangkat dalam tahap nominasi kali ini adalah "Creating Innovative Culture." Chairman 2013 Indonesian MAKE Study, Robby Susatyo menyebutkan, "Untuk dapat berkembang dan bertahan di era pengetahuan saat ini, tak dapat dipungkiri, inovasi merupakan salah satu kata kunci penting bagi setiap organisasi. Bila sebuah organisasi tidak mampu mengikuti perkembangan dan berhenti melakukan inovasi dapat dipastikan secara perlahan organisasi tersebut akan runtuh."

"Salah satu tantangan berat yang dihadapi organisasi berkaitan dengan inovasi adalah bagaimana menciptakan budaya inovasi ini di setiap lini organisasi serta bagaimana menyelaraskannya dengan tujuan serta ritme kerja organisasi. Untuk membuka wawasan organisasi di Indonesia mengenai menciptakan budaya inovasi inilah maka 2013 Indonesian MAKE Study di tahap nominasi mengambil tema "Creating Innovative Culture," Robby menambahkan.

Tahap nominasi merupakan salah satu tahapan penting dalam pelaksanaan Indonesian MAKE Study, mengingat dalam tahap ini akan menyaring organisasi-organisasi yang akan masuk menjadi nominee serta menyaring company knowledge profile-nya untuk dinilai oleh para panelis agar dapat menjadi finalis Indonesian MAKE Study.

Dalam acara yang terbuka untuk umum ini, organisasi maupun individu yang hadir memiliki kesempatan untuk menominasikan organisasi yang mereka kagumi dalam pengimplementasian knowledge management mereka. Hadir memberikan best practices sharing berkaitan dengan inovasi ini adalah Pemenang 2012 Indonesian MAKE Study - PT Pertamina (Persero) dan peraih Special Recognition 2012 Indonesian MAKE Study - PT Daya Adicipta Mustika. Ke-dua organisasi ini akan berbagi bagaimana mereka mengembangkan budaya inovasi di organisasinya. Selain itu akan hadir International KM Expert - James Van Der Westhuizen. James adalah pendiri KnowHouse, sebuah organisasi yang berbasis di Afrika Selatan dan berfokus pada pengembangan pengetahuan di organisasi. James akan memberikan knowledge sharing mengenai bagaimana mengembangkan platform penerapan knowledge management di organisasi.

Bagi rekan media yang akan menghadiri 2013 Indonesian MAKE Study Nomination, silakan menghubungi Vanny di 572 0761 atau 0813 1766 2268 atau email vanny@dunamis.co.id.


----------ooOOoo---------

Catatan:
MAKE (Most Admired Knowledge Enterprise) Study pertama kali diadakan adalah pada tahun 1998 oleh Teleos yang bekerjasama dengan KNOW Network. Teleos adalah sebuah badan penelitian mandiri di bidang knowledge management dan intellectual capital. Indonesian Most Admired Knowledge Enterpise (MAKE) Study merupakan studi tentang perusahaan berbasis pengetahuan yang paling dikagumi di Indonesia dan diselenggarakan oleh Dunamis Organization Services sejak tahun 2005. 3 (tiga) pemenang Indonesian MAKE dengan nilai agregat tertinggi akan mewakili Indonesia dalam ajang Asian MAKE.

Tentang Dunamis Organization Services:
Berdiri sejak tahun 1991, Dunamis Organization Services merupakan penyedia jasa professional dengan misi "enable greatness in people and organizations everywhere". Sejak 1992, Dunamis Organization Services menjadi mitra berlisensi dari Franklin Covey Co. (NYSE:FC), sebuah organisasi global yang memberikan jasa pelatihan dan konsultasi yang berada di 147 negara.

Franklin Covey Co. yang masuk dalam Top 20 Leadership Training Company oleh TrainingIndustry.com memiliki solusi Leadership Development, The 7 Habits, Strategy Execution dan Productivity. Portofolio klien Franklin Covey Co. mencakup 90 dari 100 perusahaan terdaftar dalam Fortune 100, lebih dari 75% perusahaan yang terdaftar dalam Fortune 500, ribuan perusahaan kecil dan menengah, serta lembaga pemerintahan.

Mulai tahun 2012, Dunamis Organization Services juga menjadi mitra berlisensi dari Vital Smarts yang berfokus pada high-leverage skills untuk meningkatkan kinerja organisasi. Solusi dari Vital Smarts meliputi Crucial Conversations, Influencer, Crucial Confrontations dan Change Anything.

Di Indonesia, klien-klien Dunamsi Organization Services meliputi berbagai sektor industry berskala multinasional, nasional hingga pemerintahan. Solusi-solusi Dunamis Organization Services meliputi Leadership & Trust, Sales & Productivity, Execution, Vital Smarts Solutions, Organizational Consulting (Knowledge Management, Corporate Culture, Research), Human Capital System dan Education.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai Dunamis Organization Services dan Indonesian MAKE Study, silakan hubungi:
Asri Larasati Suryajaya
Corporate Communications
Dunamis Organization Services
T: 572 0761
Hp: 0812 814 6051
F: 572 0762
E: asri@dunamis.co.id
www.dunamis.co.id






2013 Indonesian MAKE Study Nomination
March 14, 2013, Financial Hall, Graha CIMB Niaga 2nd Fl, Jl Jend Sudirman Kav 58 Jakarta

07.30 - 08.00 Registrasi & Coffee Morning

08.00 - 08.15 Opening Remarks by Satyo Fatwan, Managing Partner, Dunamis Organization Services

08.15 - 09.15 Creating Innovative Culture - Pertamina Experience, PT Pertamina (Persero) Team, 2012 Indonesian MAKE Study Award Winner, Moderator: Andiral Purnomo, Dunamis KM Expert

09.15 - 10.15 Creating Innovative Culture - Daya Adicipta Mustika Experience, PT Daya Adicipta Mustika Team, 2012 Indonesian MAKE Study Finalist, Moderator: Andiral Purnomo, Dunamis KM Expert

10.15 - 11.45 Validated Knowledge Platforms to Take Action by James Van Der Westhuizen, International KM Expert, KnowHouse

11.45 - 12.15 2005-2011 Indonesian MAKE Study Findings & 2013 Indonesian MAKE Study Nomination by Robby Susatyo, Chairman, 2013 Indonesian MAKE Study

12.15 - 13.00 Networking Lunch