Dunamis Logo
home > knowledge-center > Our Published Books > Successful Implementation of KM in Indonesia

Successful Implementation of KM in Indonesia

Wednesday, 24 July 2013

 

article photo

Oleh : Team Dunamis Publishing


DAHULU BANYAK PEMIMPIN BISNIS DAN ORGANISASI yang pusing kepala karena harus mengambil keputusan dengan dan dan informasi yang sangat terbatas. Dalam kondisi yang seperti itu, akhirnya mereka lebih banyak mengandalkan pada insting atau naluri bisnis.

Kini, seiring dengan perkembangan teknologi, khususnya Information & Communication Technology (ICT), pasokan data dan informasi menjadi begitu berlimpah ruah. Ada di mana-mana, tinggal klik. Kondisi semacam ini ternyata tidak membuat pusing kepala para pemimpin bisnis dan organisasi berkurang. Mereka malah bertambah pusing. Sebab pekerjaan mereka menjadi bertambah. Mereka harus mengolah data terlebih dahulu untuk menjadi informasi. Lalu, informasi tersebut masih harus dipilah-pilah mana yang relevan dan mana yang tidak. Kemudian, informasi tersebut masih harus diproses lagi sehingga menjadi pengetahuan. Berdasarkan pengetahuan itulah para pemimpin bisnis dan organisasi mengambil keputusan.

Melelahkan!.

Dalam konteks itulah buku Successful Implementation of Knowledge Management in Indonesia menjadi relevan. Buku ini berisi pengalaman 20 perusahaan dan organisasi papan atas Indonesia dalam menghadapi beragam tantangan dan permasalahan. Bagaimana mereka mengelola pengetahuan atau knowledge management (KM) dan menjadikannya sebagai solusi dalam menjawab tantangan dan permasalahan tersebut.

Perusahaan-perusahaan dan organisasi yang berbagi pengalaman dalam buku ini sudah teruji. Mereka adalah para pemenang dalam ajang Indonesia Most Admired Knowledge Enterprise (MAKE) Award yang diselenggarakan oleh Dunamis Organization Services sejak tahun 2005 hingga 2013. Mereka telah melalui proses nominasi, serta seleksi dan penilaian dari ratusan panelis. Para panelis ini terdiri dari praktisi KM, akademisi, pimpinan organisasi serta jajaran manajemen senior dan CEO dari sejumlah perusahaan ternama.

Semoga buku ini menginspirasi para pemimpin bisnis dan organisasi dalam membangun organisasi KM di perusahaannya, bagaimana mereka memanfaatkan KM untuk menjawab berbagai permasalahan pada saat ini serta mengantisipasi tantangan di masa mendatang yang kian kompleks, dan akhirnya memetik hasilnya.